ANALISIS MATERI PKn SD KELAS I
ANALISIS MATERI PKn SD
KELAS I
Berdasarkan materi Pendidikan
Kewarganegaraan SD kelas I terdiri dari 5
bab pada semester I dan 4 bab pada semester II yang meliputi:
1. Diri
Sendiri
2. Keluarga
3. Lingkungan
4. Kejadian
Sehari-hari
5. Ketertiban
6. Gejala
Alam dan Peristiwa
7. Rekreasi
8. Pekerjaan
9. Tempat
Umum
Dari
9 bab tersebut dapat dianalisis kesesuaiannya dengan landasan, fungsi, peran,
dan misi PKn.
A.
Bab
1: Diri Sendiri
1.
Landasan
Pendidikan Kewarganegaraan
Berdasarkan materi-materi yang
dipelajari pada bab ini yang meliputi perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku
bangsa telah sesuai dengan landasan
formal PKN yaitu UUD 1945 khususnya BAB XA pasal 28 H tentang Hak Asasi
Manusia.
Selain itu juga sesuai dengan
landasan non formal yaitu nilai, moral dan norma pancasila sila ke 3 yaitu persatuan Indonesia
yang menjadi sistem nilai dan keyakinan diri dan kehidupan bangsa. Hal itu juga
sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku di dalam masyarakat.
2.
Fungsi,
Peran, dan Misi PKn
Sesuai
dengan tujuan pembelajaran pada bab ini, diantaranya sebagai pendidikan norma,
moral dan nilai dalam kehidupan bermasyarakat seperti menghargai perbedaan
agama, suku dan ras dalam kehidupan bermasyarakat agar terciptanya kedamaian dalam
masyarakat.
B.
Bab
2 : Keluarga
1.
Landasan
Pendidikan Kewarganegaraan
Materi
pada bab ini sesuai dengan landasan formal yaitu sesuai dengan Pancasila sila
ke 3 yaitu Persatuan Indonesia, juga sesuai dengan landasan non formal yaitu
sesuai dengan nilai, norma dan moral yang berlaku dalam masyarakat. Dengan
demikian peserta didik diharapkan dapat melaksanakan hidup rukun di rumah
seperti menyayangi saudara yang lebih muda dan menghomati yang lebih tua,
maupun hidup rukun di sekolah.
2.
Fungsi,
Peran, dan Misi PKn
Materi yang dipelajari dalam bab ini sesuai dengan fungsi, peran, dan
misi PKn yaitu sebagai pendidikan norma.
Hal tersebut dapat diketahui dari tujuan pembelajaran pada bab ini, yaitu
menjelaskan tentang hidup rukun di rumah dan di sekolah.
Berdasarkan isi materi di dalamnya, mampu mendorong peserta didik
agar mengetahui lebih dalam tentang makna hidup rukun untuk kemudian
menerapkannya dalam kehiduapn sehari agar membuat hidup menjadi damai dan
tentram.
C.
Bab 3: Lingkungan
1.
Landasan
Pendidikan Kewarganegaraan
Pada bab ini mempelajari tentang
persaudaraan di rumah dan persaudaraan di sekolah, hal ini sesuai landasan
formal dengan nilai-nilai Pancasila sesuai dengan sila ke-3, serta landasan non
formal seperti meningkatkan rasa persaudaraan dalam kehidupan sehari-hari.
Dengan
mempelajari materi tersebut diharapkan dapat meningkatkan nilai, moral dan
norma sesuai yang berlaku dalam masyarakat.
2.
Fungsi,
Peran, dan Misi PKn
Materi
pada bab ini sesuai dengan fungsi, peran, dan misi PKn yaitu sebagai pendidikan
nilai, moral, dan norma dalam bermasyarakat. Dengan menerapkan makna materi
tersebut paserta didik dapat menciptakan kehidupan yang rukun dengan siapa saja
dan dimana saja.
D.
Bab
4: Kejadian Sehari-hari
1.
Landasan
Pendidikan Kewarganegaraan
Pada
bab ini mempelajari tentang tata tertib di rumah dan tata tertib di sekolah.
Hal ini sesuai dengan landasan formal. Selain itu juga sesuai dengan landasan
non formal keharusan dalam pembinaan dan peningkatan SDM, tata tertib yang
dilaksanakan dengan baik akan tercipta kerukunan yang baik juga.
2.
Fungsi,
Peran, dan Misi PKn
Fungsi,
peran dan Misi yang sesuai yaitu sebagai pendidikan norma,moral dan nilai.
Bahwa dalam masyarakat telah mengatur ketertiban agar teratur dan disiplin
dalam segala aspek-aspeknya.
E.
Bab
5: Ketertiban
1.
Landasan
Pendidikan Kewarganegaraan
Pada
bab ini mempelajari tentang patuh dan tertib di rumah dan patuh dan tertib di
sekolah. Hal ini sesuai dengan landasan formal dan non formal sehingga dapat
membuat anak menerapkan rasa patuh terhadap ketertiban di rumah maupun di
sekolah.
2.
Fungsi,
Peran, dan Misi PKn
Fungsi, peran dan misi PKn pada materi
terssebut sebagai pendidikan norma, moral, dan nilai. Di dalam kehidupan
masyarakat harus selalu patuh pada norma yang berlaku, dalam hai ini patuh dan
tertib di rumah dan di sekolah.
F.
Bab
6: Gejala Alam dan Peristiwa
1.
Landasan
Pendidikan Kewarganegaraan
Pada
materi ini menjelaskan tentang menghargai hak anak di rumah dan menghargai hak
anak di sekolah. Hal ini sesuai dengan
landasan formal yaitu UUD 1945 khususnya BAB XA pasal 28 B dan C tentang Hak
Asasi Manusia dan juga sesuai dengan
kepmen no 24 tahun 2007 tentang berhak untuk mendapatkan sarana dan prasarana
yang sesuai di sekolah.
Selain
itu juga sesuai landasan non formal yaitu sesuai dengan nilai, moral, dan norma
pancasila.
2.
Fungsi,
Peran, dan Misi PKn
Fungsi,
Peran, dan Misi PKn sesuai dengan materi tersebut yaitu sebagai pendidikan
nilai, moral dan norma yang sesuai dengan kehidupan masyarakat. Misalkan
menghargai hak anak di rumah seperti mendapatkan kasih sayang dari orang tua
maupun hak anak di sekolah seperti mendapatkan pendidikan yang layak.
G.
Bab
7: Rekreasi
1.
Landasan
Pendidikan Kewarganegaraan
Materi
ini menjelaskan tentang hak anak untuk bermain, hak untuk belajar dengan
gembira, hak untuk didengar pendapatnya. Hal ini sesuai dengan landasan formal
yaitu UUD 1945 khususnya BAB XA pasal 28 B dan C tentang Hak Asasi Manusi, dan
sesuai dengan nilai Pancasila sesuai sila ke 2 yaitu kemanusiaan yang adil dan
beradab.
2.
Fungsi,
Peran, dan Misi PKn
Fungsi,
Peran, dan Misi PKn materi tersebut sebagai pendidikan nilai, moral, dan norma
yang berlaku di dalam masyarakat. Anak di sekolah berhak atas pendidikan yang
layak, sumber-sumber pelajaran yang baik serta sarana dan prasarana yang
memadai.
H.
Bab
8: Pekerjaan
1.
Landasan
Pendidikan Kewarganegaraan
Pada
bab ini menjelaskan tentang hidup teratur di rumah dan hidup teratur di
sekolah. Hal ini sesuai dengan landasan formal maupun landasan non formal
seperti keharusan pembinaan sikap hidup teratur di rumah maupun di sekolah.
Selain itu juga sesuai dengan nilai,
moral, dan norma yang berlaku dalam kehidupan.
2.
Fungsi,
Peran, dan Misi PKn
Fungsi,
peran dan misi PKn yaitu sebagai pendidikan nilai, moral, dan norma. Pada
materi ini peserta didik dapat menerapkan hidup yang teratur sehingga akan
memberikan keuntungan bagi diri sendiri maupun orang lain.
I.
Bab
9: Tempat Umum
1.
Landasan
Pendidikan Kewarganegaraan
Materi pada bab ini meliputi patuh di lingkungan
tempat tinggal dan patuh di jalan raya. Hal ini sesuai dengan landasan formal
yaitu UUD 1945 dan sesuai dengan landasan non formal yaitu keharusan
peningkatan kepatuhan terhadap aturan yang ada baik di lingkungan maupun
perturan lalu lintas sehingga akan tercipta lingkungan yang aman dan kondusif.
Selain itu juga sesuai dengan nilai, moral dan norma
yang berlaku di masyarakat.
2.
Fungsi,
Peran, dan Misi PKn
Fungsi,
Peran, dan Misi PKn yaitu sebagai pendidikan nilai, moral dan norma yang
berlaku yaitu dapat menciptakan peserta didik untuk patuh pada lingkungan
tempat tinggal dan patuh pada peraturan lalu lintas.
Comments
Post a Comment